Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Manfaat Vitamin A, B, C, D, E, K

| November 18th, 2012 at 06:11 am

Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin dan manfaatnya yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Vitamin A – Berikut ini adalah beberapa rangkuman bahan sumber Vitamin A yang perlu untuk Anda ketahui:

Vitamin A dari Buah-buahan. Contohnya adalah buah apel, buah manga, buah negeri, buah pepaya, buah pisang, buah kesemek, dan sukun.
Vitamin A dari Sereal. Contohnya adalah pada jagung kuning.
Vitamin A dari Umbi-umbian. Contohnya ada dalam ubi kuning, ubi rambat merah, dan ubi jalar merah.
Vitamin A dari Biji-bijian. Contohnya adalah kacang merah dan kacang ercis.
Vitamin A dari Sayuran. Misalnya dari sayuran bayam, wortel, kangkung, labu kuning , terong, semanggi, bungkil daun talas, daun jambu, daun genjer, kacang panjang , gandaria, kol cina, putri malu, sawi, rumput laut, dan ranti muda.
Vitamin A dari Hewan. Misalnya berasal dari daging ayam, ginjal domba, daging bebek, hati ayam, hati sapi, ikan, dan telur.
Vitamin A dari hasil olahan. Seperti mentega, minyak ikan, kepala susu, minyak kelapa sawit, dan tepung ikan.

Manfaat Vitamin A

Apabila tubuh kita kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin A, gejala pertama yang muncul biasanya terjadi rabun senja.

Setelah rabun senja semakin parah, akan muncul suatu pengendapan berbusa (bintik Bitot) pada bagian putih mata (sklera). Selanjutnya kornea mata akan menjadi keras dan membentuk suatu jaringan parut (xeroftalmia) yang menjadi penyebab kebutaan permanen.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan anemia pada beberapa orang serta peradangan pada kulit (dermatitis) sehingga hal ini meningkatkan kemungkinan kulit terkena infeksi.

Kekurangan vitamin A dapat diatasi dengan memberikan tambahan vitamin A hingga 20x dosis harian selama tiga hari. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan vitamin A sebanyak 3 kali dosis harian dalam waktu 1 bulan.

Semoga beberapa ringkasan keterangan Manfaat Vitamin A dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menghindarkan Anda dari resiko kekurangan vitamin A.

Manfaat Vitamin B

Manfaat vitamin B yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata memberikan berbagai keuntungan untuk tubuh dan kulit.

Dari hasil suatu penelitian, menunjukkan bahwa manfaat vitamin B kompleks untuk kulit sangat banyak. Contohnya adalah vitamin B1 (thiamin) sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan berguna bagi kesehatan kulit dan rambut kita. Selain itu, vitamin B1 juga dapat menghindarkan kita dari komplikasi kardiovaskular. Maka selalu pastikan terdapat vitamin B pada setiap hidangan yang Anda sajikan di rumah.

Fungsi Vitamin B

Selain vitamin B1, beberapa fungsi dari vitamin B yang lain adalah sebagai berikut:

Vitamin B-3 (niasin) dan vitamin B-5 (asam pantotenat), kedua tipe vitamin B ini memiliki manfaat yang baik untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dan merawat kulit. Sehingga Anda sebaiknya memastikan bahwa kedua tipe vitamin B ini terdapat dalam masakan harian Anda. Namun apabila Anda tidak dapat menghidangkannya, Anda dapat memperolehnya dari beberapa produk perawatan kulit.

Memang pada beberapa produk perawatan kulit, vitamin B5 ini sangat dibutuhkan karena vitamin ini memiliki peran penting untuk pelembab dan untuk mengobati jerawat pada kulit.

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dan fungsi vitamin B diatas, maka sudah selayaknya Anda mempertimbangkan untuk menyajikan hidangan yang mengandung vitamin B. Anda dapat menghidangkan makanan berupa sayuran hijau, kacang polong, buncis, ikan, susu, dan daging.

Selain itu, untuk memperoleh vitamin B yang cukup, pilihlah selalu produk perawatan kulit yang memiliki kandungan asam pantotenat dan niasin.

Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik.

Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Vitamin C memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat secara teratur, dapat menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, sekaligus menghambat kinerja enzim tirosinase; yaitu enzim yang bertugas membantu pembentukan pigmen di kulit. Jika proses pigmentasi terhambat, kulit pun terlihat lebih bersih dan cerah.

Sumber vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan yang rasanya asam seperti jeruk, stroberi, atau nanas, dan sayuran seperti brokoli, seledri, dan tomat. Selain mudah didapat dari bahan makanan alami, berbagai produk suplemen di pasaran juga dapat menjadi alternatif pilihan kita untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi secara oral dapat menyebabkan masalah pada lambung.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada cara lain untuk memberikan asupan vitamin C pada tubuh. Untuk perawatan kulit, sudah dikenal metode penggunaan dengan cara dioleskan atau dengan suntikan langsung ke pembuluh darah (intravena). Namun, suntik vitamin C sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter, agar dosis pemberian dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh melalui cara injeksi dipercaya lebih efektif dan lebih terasa khasiatnya karena zat yang terkandung didalamnya langsung masuk ke dalam peredaran darah. Kondisi kesehatan juga akan segera pulih dan kulit akan tampak lebih cerah.

Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi psikologis, atau banyaknya aktifitas seseorang. Namun, setiap orang bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dengan mengonsumsinya dalam jumlah kecil dan sering. Hal ini jauh lebih efektif karena vitamin C akan berada di dalam tubuh secara kontinyu. Tubuh yang memiliki asupan vitamin C yang cukup akan terhindar dari infeksi, gusi berdarah, dan nyeri sendi.

Manfaat Vitamin D –

Apabila kita kekurangan vitamin D, kita dapat terserang berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, kanker, penurunan daya ingat, hingga serangan jantung. Untuk itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan Manfaat Vitamin D melalui beberapa sumber Manfaat Vitamin D berikut:

Sinar Matahari. Tahukah Anda bahwa 80% dari vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita diperoleh dari sinar matahari? Anda dapat memperolehnya dengan olahraga dibawah sinar matahari antara pukul 06.00 – 09.00 selama 10 menit. Namun, paparan sinar matahari pada pukul 09.00 – 15.00 dapat menyebabkan kanker kulit.

Susu. Secara alami, susu sapi memiliki kandungan vitamin D dan berbagai nutrisi penting lainnya. Sebaiknya Anda memilih susu full lemak atau skim. Dalam segelas susu terdapat kandungan Manfaat Vitamin D sekitar 100 IU vitamin D.S

Minyak ikan. Minyak ikan terbukti mengandung vitamin D dan omega-3 dalam jumlah tinggi. Meskipun rasanya tidak enak, saat ini banyak produsen memproduksi suplemen minyak ikan dalam berbagai varian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap vitamin D.

Telur. Dalam setiap kuning telur mengandung Manfaat Vitamin D sekitar 21 IU dan bagian putih telurnya, mengandung protein murni. Sehingga makanan ini termasuk makanan wajib untuk kita konsumsi.

Ikan salmon. Ikan ini merupakan ikan yang memiliki kandungan Manfaat Vitamin D 4x lebih banyak dari produk pertanian dan memiliki kandungan omega-3 dalam jumlah banyak. Ikan salmon banyak dijual dalam bentuk ikan beku atau kalengan, namun ada juga yang dijual dalam bentuk segar.

manfaat Vitamin E

Vitamin E ditemukan oleh Dr. H.M Evans (California) pada tahun tahun 1922. Dr. H.M Evans melakukan menemukan bahwa ada suatu substansi yang diperlukan agar kehamilan normal tikus betina dapat bertahan. Janin dalam kandungan tikus dapat mati dalam 10 hari jika substansi/zat tersebut tidak ada. Zat tersebut kemudian disebut sebagai vitamin E
Hingga kini, vitamin E terbukti baik untuk dikonsumsi oleh para wanita terutama untuk ibu hamil. Vitamin E terbukti dapat mencegah kemandulan, mencegah keguguran, kelainan menstruasi, peradangan pada vagina, hingga menjaga kesuburan benih.

Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah sel darah merah dari kerusakan yang disebabkan oleh racun, memperkuat dinding kapiler darah, serta mencegah sterilitas dan destrofi otot.

Secara umum, vitamin E memiliki fungsi utama sebagai antioksidan alami untuk membuang radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan alfa-tokoferol aktif yang dapat diregenerasi dengan vitamin C sehingga dapat menghambat oksidasi rakdikal bebas peroksi.

Sumber Vitamin E

Vitamin E dapat kita peroleh dari beberapa sumber vitamin E, seperti: susu, mentega, sayuran hijau, selada, kacang-kacangan, telur, dan buah-buahan. Kebanyakan makanan berminyak juga mengandung vitamin E. Jika Anda ingin memperoleh vitamin E lebih banyak, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan segar (tanpa diolah).

Kini, banyak produsen yang menjual vitamin E dalam bentuk kapsul dan pil untuk memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan terhadap asupan vitamin E.

Manfaat Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak. vitamin K diperlukan oleh tubuh dalam proses pembekuan darah secara normal. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit dan biasanya sudah dapat terpenuhi dalam makanan yang kita makan sehingga tidak membutuhkan suplemen vitamin K.

Manfaat vitamin K

Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah dan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang bersama kalsium dan vitamin D. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan yang sulit membeku. Bayi yang baru lahir sangat mudah mengalami perdarahan karena sistem pencernaan bayi yang baru lahir masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K sementara air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Untuk itu bayi diberi sejumlah vitamin K saat lahir untuk mencegah kekurangan vitamin K.

Sumber makanan vitamin K

Vitamin K ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau, daging, dan produk susu. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri di usus yang mensintesis vitamin K yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati.

Gejala dan tanda kekurangan vitamin K

Kekurangan vitamin K jarang terjadi tetapi jika terjadi kekurangan vitamin K maka dapat menyebabkan masalah dengan pendarahan dan pembekuan darah. Dokter mungkin akan meresepkan vitamin K jika hal ini terjadi. Vitamin K juga sering diberikan secara rutin kepada bayi yang baru lahir untuk mencegah masalah pendarahan.

Gejala keracunan vitamin K

Keracunan vitamin K sangat terjadi kecuali bagi mereka yang konsumsi suplemen vitamin K berlebih. Gejala keracunan vitamin K dapat berupa hemolisis sel darah merah, penyakit kuning dan kerusakan otak.

 

Demikian informasi tentang Manfaat Vitamin A, B, C, D, E, K semoga bermanfaat bagi anda semua.