Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Sejuta Manfaat Sayuran Selada Bagi Kesehatan

| September 12th, 2012 at 12:09 pm

Selada (lactuca sativa), tumbuh sebagai sayuran daun, salah satu tanaman salad yang paling halus di dunia ini. Selada dianggap sebagai raja dari tanaman salad. Tanaman tahunan atau dua tahunan beriklim sedang ini dari keluarga Asteraceae. Sayuran ini biasanya dikonsumsi dingin dan mentah, dalam salad, hamburger, taco, dan beberapa hidangan lainnya. Pada dasarnya ada enam jenis selada, yaitu butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia). Semuanya digunakan untuk satu tujuan, yaitu membuat salad. Selada menawarkan penggunanya sejumlah manfaat kesehatan dan gizi, seperti dikutip dari Lifemojo.

Nilai gizi

Selada merupakan sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K. Kaya garam mineral dengan unsur-unsur alkali sangat mendominasi. Hal ini yang membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat.

Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin. Selada mengandung alkaloid yang bertanggung jawab untuk efek terapeutik.

Meskipun semua varietas selada memiliki kalori rendah, namun memiliki kandungan gizi yang berbeda. Selada sebagai sumber baik kolin. Selada Romain yang paling padat nutrisi dari semua varietas dan merupakan sumber vitamin A, B1, B2 dan C, asam folat, mangan dan kromium. Selada merah mendapat warna merah dari pigmen yang disebut antosianin. Pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas yang merusak sel. Beberapa peneliti menemukan berbagai selada merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Manfaat kesehatan dari selada

Kadang-kadang kita cenderung mengabaikan nilai gizi makanan lengkap dan memanjakan diri pada sesuatu yang memenuhi selera kita. Maka, teruslah mencari makanan seperti selada yang akan menambah “kesenangan” pada indera kita dan jelas bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Nah, itulah beragam kandungan gizi dari selada dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, semoga informasi tentang sayuran selada ini bermanfaat bagi anda.

Demikian informasi tentang Sejuta Manfaat Sayuran Selada Bagi Kesehatan semoga bermanfaat bagi anda semua.