Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Kandungan Gizi dan Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan

| August 7th, 2012 at 02:08 am

Selain rasanya gurih ternyata ceker ayam sangat kaya dengan kandungan omega-3 dan omega-6, masing-masing 187 mg dan 2.571 mg per 100 gram. Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut buku Nutrition Concepts and Controversies (2008) yang ditulis Frances Sizer dan Ellie Whitney, omega-3 dan omega-6 berperan untuk pertumbuhan otak dan relaksasi pembuluh darah bagi tubuh serta membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh. Selain itu masih ada lagi coba simak yang berikut ini:

1.Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar rennin dalam plasma,sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi.Buat Penderita Tekanan Darah tinggi sangat di anjurkan.

2. Kandungan zat Kapur dan sejumlah Mineral, sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam,Yang jelas, makan Ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.

3.Kandungan Hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, Mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.

4.Kandungan Protein Kolagen dalam ceker Ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita.Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.

Ceker ayam dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti gulai, sop, opor, kripik, soto dan sebagainya. Meskipun tidak mengandung daging dan hanya terdiri dari kulit, tulang, otot, dan kolagen, justru membuat ceker terasa gurih dan kenyal. Ketika dimasak, ceker akan mengeluarkan kaldu yang pekat dan kental, inilah yang membuat setiap masakan yang dikombinasikan dengan ceker akan bertambah lezat. Jadi tidak ada salahnya jika ceker ayam masuk dalam menu harian Anda.

komposisi zat gizi per 100 gram ceker ayam

Demikian informasi tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan semoga bermanfaat bagi anda semua.