Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Peta jalur Mudik Jawa Lebaran 2012

| July 15th, 2012 at 11:07 am

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang berada diperantauan, kegiatan mudik biasanya dilakukan saat lebaran hampir tiba. Macet dan sesaknya perjalanan menjadi hal yang sulit dihindari dan biasa dialami para pemudik mengingat volume kendaraan di jalanan meningkat drastis.

Untuk mudik melalui darat, jalur Pantura (Pantai Utara Jawa) adalah salah satu jalur yang paling rawan kemacetan dan kecelakaan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir resiko terjebak macet parah sebaiknya selalu anda perhatikan peta jalur mudik pantura pada momen mudik lebaran.

Penting juga mengikuti informasi Traffic Managemen Centre yang kerap diberitakan lewat televisi atau radio mengenai jalur buka-tutup serta jalur – jalur alternatif yang bisa kita lalui untuk terhindar dari kemacetan parah di jalan raya.

Seperti biasa, pemerintah selalu melakukan perbaikan ruas jalan setiap menjelang musim lebaran. Namun, seringnya proses perbaikan yang bertujuan untuk melancarkan arus mudik dan arus balik tersebut masih tetap berlangsung selama musim lebaran tiba. Sehingga kegiatan perbaikan tersebut malah menjadi sumber kemacetan di jalan raya.

Informasi terkini mengenai jalur mudik pantura yang diperoleh dari Tim Indosiar, bahwa masih terdapat beberapa bagian ruas jalan yang masih belum layak dilalui. Jalur yang mengalami kerusakan terparah adalah jalur alternatif Tegal dan Pemalang yang melewati rute: Larangan, Kramat, Balamoa, Kedung Banteng, Warurejo, dan hingga tembus ke perbatasan Pemalang.Belum layaknya rute tersebut dikarenakan oleh kondisi jalan yang bergelombang dan penuh lobang serta penerangan yang sangat minim sehingga bisa membahayakan pengguna jalan raya di malam hari.

Walaupun merupakan jalur alternatif terpendek, ruas jalan sepanjang 30 km tersebut tetap tidak layak untuk dipilih sebagai jalur mudik pantura 2012 ini. Jalur mudik pantura yang juga banyak mengalami kerusakan adalah jalur di Karawang – Jawa Barat. Hingga saat ini jalur Karawang masih dalam proses perbaikan dan diharapkan akan sepenuhnya selesai sebelum musim lebaran tiba. Tetap hati – hati di jalan, perhatikan rambu dan peringatan di sepanjang jalan, dan jangan lupa untuk selalu memantau informasi terkini arus mudik dan balik melalui TV, Radio, Koran, dan sumber informasi lainnya.

BERIKUT INI ADALAH PETA JALUR MUDIK PANTURA

rute jalur mudik pantura lebaran 2012
Klik pada gambar untuk melihat lebih besar dan jelas

Demikian informasi tentang Peta jalur Mudik Jawa Lebaran 2012 semoga bermanfaat bagi anda semua.