Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Tips Memilih dan Merwat Burung Pleci/Cici Kacamata

| June 23rd, 2012 at 12:06 am

Burung Pleci atau Cici Kacamata belakangan ini sudah mulai naik daun dan para pehobi kicau burung saat ini berlomba-lomba untuk memilikinya. Ya sebagaimana kita tahu, saat ini kelas pleci sudah sangat ramai dan merata hampir di semua daerah. Mulai latber hingga lomba besar, kelas pleci selalu dipenuhi peserta.

Sebelumnya, harga pleci ombyokan sekitar 5 ribu rupiah per ekornya. Kini harganya sudah naik sampai 3 kali lipat. Untuk yang sudah prestasi, bahkan bisa mencapai 30 juta rupiah. Harga ini mungkin tak terbayangkan beberapa tahun lalu.

Ciri-ciri pleci fighter

Bagaimana kita memilih pleci yang fighter? Bisa dilihat dari ciri-cirinya. Kebanyakan pleci dijual masih dalam bentuk ombyokan. Cara mengamati yang fighter, adalah mencari yang paling sering bunyi atau gacor. Dan berikut adalah tips memilih burung pleci dari Kabul Yogyakarta:

Menurut Kabul, pengorbit pleci dari Kotagede, Jogja, burung yang ketika bersama-sama atau berkumpul dengan banyak burung paling sering bunyi, adalah salah satu penanda burung fighter.

Bila penanda ini susah dikenari, bisa melihat ciri-ciri fisik. Mungkin lebih gampang, dengan melihat alis atau kacamatanya. Umumnya, yang fighter adalah memiliki alis atau kacamata tebal.

Selain dua dua ciri di atas, ditambahkan oleh Kabul, pleci yang fighter umumnya yang bodynya kecil. “Kebanyakan burung yang nampil di lapangan, sepanjang yang saya ketahui, umunya jenis yang kecil-kecil,” katanya kepada Waca yang melaporkan untuk OmKicau.Com.

Nah, bila ciri-ciri di atas sudah ketemu, dan burung dalam ombyokan, cara menangkapnya supaya tidak salah pilih, biasanya dengan cara menyemprot burung sasaran.

Namun, ada lagi cara yang lebih cerdas dan kemungkinan besar tidak meleset, yaitu membeli burung hasil pikatan atau jeplakan, bukan hasil jaringan yang kemudian diombyok.

Burung hasil pikatan bisa dipastikan burung fighter. Sebab dia mendekat atau mengejar burung yang digunakan sebagai umpan untuk bertarung. Dia bisa kena perangkap, atau bisa pula kakinya kena pulut atau perekat dari getah pohon yang sengaja ditempel di dekat burung umpan/pemikat.

Kuat dijemur

Biar pun burungnya mungil, tapi pleci adalah burung yang sangat kuat dijemur. Ia bisa dijemur klantang atau dipapar langsung pada sinar matahari, mulai pagi hingga siang atau tengah hari bolong.

“Tak perlu kuatir, sebab pleci memang sangat kuat atau tahan panas matahari. Di alam aslinya, pleci juga selalu menjemur diri,” ujar Kabul.

Menurut Kabul, cara menjemur pleci, umumnya dengan cara dijejerkan dengan sesama pleci, saling berdekatan. Tidurnya pun dibuat jejer. “Baru kalau kita pengin mendengarkan, burung kita jauhkan.”

Makanan utama pleci adalah kroto dan hongkong. Buah, apakah itu pisang dan pepaya, sifatnya adalah tambahan. Namun, burung-burung yang dari kecil sekarang mulai pula diberi voer khusus yang berbutir kecil, memang dibuat untuk burung-burung kecil. Sumber Omkicau.com

Tips Perawatan Burung Pleci

- Jaga kebersihan sangkar/kandang burung pleci.
- Sesekali berikan makanan kroto untuk menambah asupan gizi.
- Berikan juga makanan buah seperi pisang, pepaya, tomat, dll
- Mandikan dengan cara disemprot setiap pagi dan sore. Bila perlu sediakan cepuk yang cukup besar disangkarnya agar sewaktu-waktu bisa mandi sendiri.
- Untuk makanan berupa pisang saya menyarankan memberinya pisang kepok. Karena pisangnya sedikit bertahan lama alias tidak mudah busuk, juga nantinya kotoran burung pleci mudah dibersihkan.
- Bersihkan kandang setiap hari demi menjaga kesehatan burung.
- Jika ada lebih dari satu burung pleci saya menyarankan untuk menjauhkannya antara satu dengan yang lain. Agar kicauan burung tidak saut-sautan saat berkicau. Jika ada burung lain mungkin malah lebih bagus, agar burung pleci bisa menirukan suara burung lainnya. Sumber kumpulan-terbaru.blogspot.com

Semoga informasi Tips memilih Burung Pleci ini bisa jadi refrensi anda di saat anda akan membeli Burung Pleci atau Cici Kacamata.

Demikian informasi tentang Tips Memilih dan Merwat Burung Pleci/Cici Kacamata semoga bermanfaat bagi anda semua.