Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Untuk Kesehatan

| April 3rd, 2012 at 01:04 am

manfaat terong untuk kesehatan

Untuk kali ini pangupodit akan share manfaat terong bagi kesehatan tubuh kita. Pada umumnya masyarakat mengangap terong sebagai sayuran yang membuat loyo. Tapi kali ini anda semua harus tahu berbagai manfaat dari Sayuran ini.

Terong (Solanum melongena) merupakan tanaman yang berasal dari Sri Lanka dan India dari golongan famili Solanaceae dan genus Solanum.

Salah satu dari manfaat terong adalah sering digunakan untuk sayur dalam masakan. Tanaman ini memiliki tunggi sekitar 40-150 cm, batang berduri, warna bunga putih sampai ungu, serta memiliki benang sari berwarna kuning.

Buah terong memiliki banyak biji kecil. Biji terong ini dapat kita makan namun memiliki rasa yang pahit. Tanaman terong masih berkerabat dekat dengan temabakau. Buah terong memiliki ukuran yang berbeda-beda serta warna yang beragam.

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat terong yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat terong tersebut adalah sebagai berikut:

Menghambat kerusakan pembuluh darah

Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri.

Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri.

Mengatasi epilepsi

Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.

Mengobati sakit pinggang

Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.

Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi

Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.

Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Di Nigeria, masyarakatnya menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.

Kandungan afrodisiak dalam terong dapat menaikkan gairah seksual pria, menambah nafsu seksual dan tidak menyebabkan lemah syahwat. Selain itu, terong kaya akan kandungan serat, vitamin (A, B dan C) serta mineral penting lainnya yang dapat membantu kita dalam mencegah penyakit kanker karena kandungan tripsin (protease) inhibitor pada terong diyakini mampu melawan serangan zat penyebab kanker.

Masyarakat Nigeria, menjadikan terong sebagai obat rematik. Dan kandungan senyawa dan zat yang ada di dalamnya, berupa striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon dalam terong dipercaya oleh masyarakat Korea sebagai penyembuh encok, nyeri ppinggang, cacar dan campak, dan dapat membantu pemulihan kecanduan alcohol.

 

Demikian informasi tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi anda semua.