Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Khasiat | Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan

| March 13th, 2012 at 11:03 am

Khasiat | Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan. Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan kesayangan/timangan termasuk Amerika Serikat. Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.

manfaat daging bekicot

Saat ini diketahui ada tiga subspesies bekicot:

Hewan yang tergolong binatang lunak atau biasa disebut Mollusca ini berasal dari Afrika Timur,kemudian menyebar ke keseluruh belahan dunia dalam waktu yang relatif singkat,ini dikarena bekicot dapat berkembang biak dengan cepat.Selain sebagai hewan bertulang lunak,bekicot juga merupakan hewan hermaprodit atau hewan berkelamin ganda.Berarti hewan ini memiliki dua macam sel gamet pada tubuhnya.Tetapi pada bekicot,kedua macam sel gamet tersebut tidak masak dalam waktu yang bersamaan,sehingga untuk reproduksinya masih diperlukan dua hewan agar terjadi fertilisasi.

Bagian tubuh bekicot terbagi atas 4 bagian utama yaitu kepala,leher,kaki,serta alat-alat dalam.Kepala bekicot memiliki sepasang tentakel yang berukuran pendek,tentakel tersebut berfungsi sebagai indera pembau dan sepasang tentakel panjang yang berfungsi sebagai indera penglihatan.

Salah satu cirikhas bekicot dapat dilihat pada lendir yang berada di bagian bawah kepalanya,informasi yang bersumber dari beberapa artikel hasil googling,lendir pada bekicot tersebut berasal dari kelenjar muksosa.Fungsi lendir pada bekicot tersebut untuk membasahi perutnya yang berfungsi sebagai kaki,perut bekicot tersebut tersusun dari otot-otot yang kuat dan bergelombang.Bisa kita lihat,bekicot akan meninggalkan jejak berupa lendir ketika sedang berjalan.

Bekicot diternakkan umumnya jenis Achatina fulica yang banyak disenangi orang, karena bekicot jenis ini banyak mengandung daging. Konon di Eropa, bekicot jenis ini digunakan sebagai bahan baku makanan yang disebut Escargot. Escargot semula berbahan baku Helix pomatia. Karena Helix pomatia lama kelamaan sulit diperoleh maka bekicot jenis Achatina fulica menggantikannya sebagai bahan baku Escargot.

Kandungan bekicot:

Protein yang terkandung daging bekicot sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya. Kandungan lain adalah lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.

Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr.
Manfaat bekicot yaitu :
Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot (sate bekicot, keripik bekicot ) adalah masyarakat Kediri. Disamping itu bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain.

Manfaat bekicot yaitu :

Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie., yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan.

Demikian informasi tentang Khasiat | Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi anda semua.