Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Tips-Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

| February 21st, 2012 at 01:02 pm

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri, untuk mendapatkan beasiswa luar negeri itu susah-susah gampang. Sebenarnya, pintu sangat terbuka dan ada banyak jalan. Tapi terkadang kita tidak paham harus lewat yang mana. Perasaan takut untuk memulai pasti ada. Semoga tips sederhana ini bisa membuat Anda berani untuk mengajukan beasiswa dan kuliah di luar negeri.

beasiswa luar negeri, beasiswa, kuliah keluar negeri, sekolah keluar negeri

Pahami Jenis Beasiswa Kuliah

Beasiswa ada ragamnya, dan setiap jenis memiliki prasyarat yang berbeda. Ada beasiswa prestasi, ada beasiswa pendidikan, seni, olahraga dan lain-lain. Pastikan Anda tahu universitas mana yang kira-kira akan jadi tujuan. Sebagai contoh jika, Anda memiliki hasrat untuk mendalami seni, coba cari referensi tentang universitas apa yang baik dalam bidang ini.

Setiap negara memiliki karakter tersendiri, seperti di Amerika ada yang namanya stipend. Ini adalah jenis beasiswa yang hampir bisa mengakomodir kehidupan Anda selama kuliah di sana. Syaratnya adalah tesis Anda dianggap menarik oleh pemerintahan. Enaknya, Anda juga tidak diwajibkan membayar uang pendidikan.

Jenis-jenis beasiswa yang umum di luar negeri adalah; Athletic Scholarship, School Based Individual Scholarship, Full Partial Scholarship, Need-based Scholarship dan Merit Scholarship. Dengan memahami karakteristik dari setiap beasiswa, Anda bisa memilih kira-kira beasiswa mana yang relevan.

Tentukan Universitas Pilihan Anda

Buat daftar universitas yang Anda tuju, lalu coba cari informasinya. Tidak perlu takut untuk membidik banyak target, asalkan itu sesuai dengan bidang yang Anda inginkan. Jangan terpatok hanya pada satu universitas saja, lebih banyak lebih baik.Yang perlu diingat, setiap universitas memiliki deadline yang berbeda.

Untuk melihat universitas itu mumpuni atau tidak. Anda bisa mengeceknya lewat internet. Banyak sekali website yang memuat rekomendasi universitas untuk Anda yang sedang mencari universitas.

Pelajari Bahasa Inggris dengan Baik dan Benar

Seperti hal sepele, tapi sebenarnya ini merupakan hal krusial. Rata-rata setiap universitas menginginkan proposal pengajuan dalam bahasa Inggris. Jika Anda tidak bisa menuliskan maksud dengan benar dalam bahasa Inggris, maka hal itu akan mengurangi kredibilitas Anda sebagai seseorang yang terpelajar.

Jika tesis anda baik, tapi cara menyampaikannya dalam bahasa Inggris sulit dimengerti, maka universitas yang Anda tuju akan mengkerut terlebih dahulu. Bahasa Inggris penting bukan hanya untuk berkomunikasi di sana. Bahasa Inggris penting untuk menyamakan persepsi antara Anda dan universitas yang Anda tuju.

Yakinkan Pihak Universitas

Yakinkan bahwa Anda punya kelebihan. Beasiswa tidak memakan uang yang sedikit, pihak universitas akan mempertimbangkannya dengan saksama untuk memilih. Seperti melamar kerja, Anda harus punya life skill yang baik. Tunjukan bahwa Anda mempunyai hal yang tidak dimiliki orang lain. Tunjukan itu secara spesifik, lebih baik dengan portofolio.

Tak ada salahnya melampirkan beberapa porofolio Anda ketika mengirim persyaratan. Selain itu, kalau Anda aktif dalam organisasi sosial, sedikitnya itu akan membantu. Bangunlah portofolio dari satu tahun sebelumnya. Tapi yang paling penting adalah berani dan tulus. Karena dari sanalah keajaiban terjadi.

Sehat jasmani, Ini syarat studi kandaar negeri yang paling hakiki. Dimana saja didunia ini kalau gak punya duit susah buat hidup. Karena itu Anda harus sehat jasmani. Kalau aktifitas mahasiswa umumnya 4-10 jam per hari (kuliah dan kerja ) trus tidur 6-8 jam per hari. Anda persiapkan diri anda buat belajar dan kerja 14 jam sehari dan tidur max 4 jam. Jadi matiin jauh2 dari komputer, kandaar dari rumah/warnet, jogging deh tiap sore dan pagi atau main bola, volley dan olah raga lainnya.

 

Bukti Akademis, Nilai akademis itu bukan bukti kalau Anda pandai, tapi bukti bahwa Anda bisa berusaha dan punya hasil diatas rata-rata. Saat Anda sudah tidak memiliki uang trus nilai pas-pas an. Gimana orang mau percaya buat ngasih Anda beasiswa, kalau buat bersaing di sekolah atau kuliah ajah Anda tidak bisa.

 

Rajin mencari dan membaca, Informasi itu ada dimana-mana. Apalagi ada internet ama warnet. Nah daripada cari informasi gosip, donlot bokep atau film bajakan mendingan baca persyaratan untuk kuliah di luar negeri, apa ajah isi kuliahnya, pilihan jurusan nya, syarat untuk bikin visa, dapet beasiswa. dll.
Makin banyak Anda baca makin banyak informasi yang Anda terima, makin spesifik pertanyaan Anda makin cepat dan mudah untuk Anda dapat jawaban.

 

Sosial dan tidak sombong, nah karena anda dah rajin membaca dan mencari. Sekarang bersosialisasi. banyak-banyak cari temen biar gak kuper (kurang pergaulan), kalau di indonesia ajah anda gak punya temen, masa berharap di luar negeri banyak temen. Dunia itu bulet, dihuni ama manusia juga. Gak banyak bedanya orang di luar negeri ama di Indonesia. Walaupun negara barat terkenal dengan orang-orang yang individualis, tetep ada keuntungan buat orang-orang yang mudah bergaul dan suka menolong (tanpa pamrih lho) selama orang itu gak ngurusin kehidupan orang lain.

 

Motivasi yang kuat, dah duit gak punya keinginan juga gak kuat. Gemana mau berubah nasib anda? nunggu hujan duit??? Motivasi anda ke luar negeri kudu kuat, kalau gak kuat bisa-bisa udah mundur pas baru mau ngajuain permohonan visa ke luar negeri. Gak usah ngayal kalau ke luar negeri bisa dapetin impian anda yang gak bisa anda dapetin di Indonesia. Cukup motivasi kalau anda akan sampe di luar negeri dengan usaha anda. (dimulai dengan no 1 – 4). Nah udah sampe di Luar negeri baru anda berusaha dan bermimpi lagi. Jangan mimpi yang dibanyakin, tapi usaha yang dikerasin. Mimpi juga perlu bertahap, bukan realitas yang dipaksa untuk sama ama mimpi, tapi usaha yang dibanyakin untuk ngejar mimpi.

 

Sedikit bicara banyak kerja, banyak cerita yang muluk-muluk tentang hidup di luar negeri. Pengalaman orang beda-beda coy. Kalau anda udah ngarep bisa ongkang-ongkang kaki dan hidup enak di luar negeri, lupain ajah deh. Dimana ajah kalau anda tidak punya duit hidup anda lebih keras dari orang lain. Kalau cuma ngoceh doank mulut anda ajah yang tambah gede. http://www.anneahira.com, beasiswabelajar.com

 

Demikian informasi tentang Tips-Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri semoga bermanfaat bagi anda semua.