Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Taman Buah Dan Agrowisata Mangunan: Kebun Buah Mangunan

| February 9th, 2012 at 01:02 pm

kebun buah mangunan

Kebun Buah mangunan sebuah tempat wisata buah yang terletak di kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu Pantai Parangritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan sungai oyo yang sangat curam. Banyak populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini yang dapat menjadi salah satu potensi wisata.

Potensi wisata yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Di samping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus.

Untuk melengkapi disana juga terdapat pembibitan sapi.Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini yaitu selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan.

Fasilitas yang dimiliki oleh kawasan wisata ini antara lain Penginapan/homestay, Gedung Pertemuan, Kolam Renang, serta Kantor Managemen. Lokasi ini merupakan potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten bantul sebagaimana yang tertulis di arsip wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Dalam perkembangannya kini Kebun buah Mangunan kian menawan, dengan ditingkatkannya berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, antara lain kolam renang, jalan setapak, ruang pertemuan, penginapan, gazebo, lokasi parkir, kantin dan berbagai fasilitas yang lain. Infrastruktur jalan untuk menuju lokasi kebun buah juga sudah sangat bagus, sehingga pngunjungpun bisa langsung sampai ke lokasi kebun buah.

Jalur Menuju Kebun Buah Mangunan

Bagi yang ingin berkunjung untuk mengunjungi tempat ini cukup mudah, apabila dari arah kota Yogyakarta, langsung menuju Jalan Imogiri Timur, setelah sampai di Kecamatan Imogiri kemudian mengambil jalur Imogiri Dlingo, maka sekitar Km 5 akan menjumpai Balai Desa Mangunan,dan jika anda dari utara (lewat jalan Jogja – Wonosari) lalu anda kemudian ambil jalur ke arah Dlingo di perempatan Pathuk sekitar kurang lebih 8 km anda akan sampai perempatan terong yang ditengah jalan ada pohon beringin besar, di situ anda ambil yang arah Imogiri yang lurus sekitar kurang lebih 5 km anda akan menjumpai Balai Desa Mangunan dan disitu ada petunjuk arah ke lokasi Kebun Buah. Retribusi masuk tempat ini sebesar 5 ribu rupiah.

Pengunjung dapat membeli buah-buahan jika tepat pada saat musim berbuah.Selain itu Kebun buah Mangunan ini sering digunakan latihan bagi para penggemar sepeda downhill dan cross country. Beberapakali diadakan even perlombaan sepeda downhill dan cross country ditempat ini.

Demikian informasi tentang Taman Buah Dan Agrowisata Mangunan: Kebun Buah Mangunan semoga bermanfaat bagi anda semua.