Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Cara Mengatasi Ruam kulit Bayi Yang Disebabkan POPOK Bayi

| February 2nd, 2012 at 04:02 am

Diaper Rash ( Ruam popok bayi ) adalah gangguan yang umum terjadi pada hampir sebagian besar bayi karena pemakaian popok.

ruam popok bayi

Ruam pada bayi ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna merah, lecet-lecet kemerahan, hingga luka ringan pada kulit. Area yang terkena ruam popok biasa ditemukan di bagian pantat/bokong, selangkangan, dekat kemaluan, maupun paha bayi. Bahkan, beberapa anak juga mengalami ruam kulit yang lebih luas, seperti di area perut, wajah, kulit kepala, lengan, dan sebagainya.

Meskipun umum dan biasa terjadi, gangguan pada kulit bayi ini tak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman jika berlangsung lama. Untuk itu Anda harus cepat-cepat mengatasi ruam popok, agar kulit bayi Anda kembali normal seperti sediakala. Bagaimana caranya?

Berhubung penyebab ruam popok adalah popoknya itu sendiri, maka cara mengatasi ruam bayi pun tak jauh-jauh dari popok, yaitu:

  1. Usahakan secepat mungkin mengganti popok, terutama jika bayi habis buang air kecil atau buang air besar. Ini supaya urin atau tinja tidak kontak terlalu lama dengan kulit bayi yang bisa menyebabkan ruam pada bayi.
  2. Setiap mengganti popok, bersihkan kulit bayi menggunakan kapas (kapas bulat) dan air hangat untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel, lalu keringkan.
  3. Gunakan popok kain yang berbahan dasar dari katun lembut. Meskipun, kurang praktis popok kain bisa mencegah terjadinya iritasi.
  4. Kurangi pemakaian popok sekali pakai (baby diapers), karena popok jenis ini tak jarang menyebabkan gesekan atau iritasi kulit pada bayi. Pakailah seperlunya saja, misalnya saat bepergian jauh.
  5. Untuk memberi sirkulasi udara dan menghindari gesekan, pakaikan popok dengan longgar.
  6. Jika perlu, cucilah popok kain dengan deterjen khusus yang telah disesuaikan dengan kulit bayi.

Apabila dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ruam kulit pada bayi Anda belum juga sembuh, ada beberapa orang tua yang berhasil mengobati ruam popok dengan minyak zaitun atau VCO (Virgin Coconut Oil). Selain itu, yang lain ada juga yang berhasil disembuhkan dengan menggunakan krim / salep ruam yang bisa dibeli di Apotek, seperti: Bepanthen, Zwitsal Zinc Cream, Myco-Z, Healing Cream, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Ruam kulit Bayi Yang Disebabkan POPOK Bayi semoga bermanfaat bagi anda semua.