Selamat Datang Di Pangupodit.com, Semoga Semua Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda.
Tweet This! Share on Facebook Digg it! Add to Delicious! Stumble it

Apa Itu Batik Fractal?

| February 2nd, 2012 at 04:02 am

Apa itu Batik Fractal?

Fractal berasal dari kata Latin fractus yang berarti “patah”,“rusak”, atau “tidak teratur”. Berbagai jenis fractal pada awalnya dipelajarisebagai benda-benda matematis. Geometri fractal adalah cabang matematika yangmempelajari sifat-sifat dan perilaku fractal

Jika “batik” merupakan seni budaya tradisional Indonesia yang dikerjakan dalam proyek kriya tradisional secara turun-temurun, maka “fraktal” adalah sebuah bentuk karya yang muncul dari perkembangan lanjut geometri kontemporer. Keduanya berbicara tentang bentuk dan upaya “pengisian ruang yang kosong” dalam bidang dua dimensi yang diciptakan secara generatif dan iteratif. Generatif karena ia dapat dikonstruksi ulang dengan teknik yang sama, dan Iteratif karena cara mengkonstruksinya dilakukan dalam pola pseudo-algoritmik yang mirip secara berulang.

“Batik Fraktal” (CFB=computational fractal batik) adalah bentuk konstruksi yang mengakuisisi keduanya: antara tradisi Indonesia dan tradisi matematika Barat yang dilakukan secara komputasional. Desain kriya yang lahir dari tangan pembatik ditiru dalam teknik komputasional melahirkan tak terbatasnya inovasi kreasi dari apa yang disebut sebagai Batik.

Batik Fraktal Komputasional mewujud dalam 3 bentuk:

Berikut beberapa hasil desain Computational Fractal Batik:

batik fracktal

batik fracktal indonesia

batik fractal

Sumber gambar http://www.budaya-indonesia.org/iaci/Batik_Fraktal_IACI

Demikian informasi tentang Apa Itu Batik Fractal? semoga bermanfaat bagi anda semua.